Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Kolom dan Baris Pada Microsoft Excel

Salah satu aplikasi pengolah data yang cukup ampuh dari dulu hingga kini adalah Microsoft Excel. Bagaimana tidak, aplikasi ini mampu menjalankan berbagai macam tugas mulai dari pencatatan, pengarsipan, bahkan bisa dijadikan mesin penghitung yang akurat. Terkait dengan penggunaan aplikasi tersebut, artikel ini secara spesifik akan membahas cara menambah kolom pada excel.

Saat kita menyusun sebuah baris data di Microsoft Excel, terkadang ada beberapa data yang terlewat. Alhasil, kita harus menyusun ulang proses penginputan data tersebut yang pastinya membutuhkan waktu lama. Hal itu sebenarnya bisa kita siasati dengan menambahkan kolom pada bagian yang terlewat. Bagaimana cara melakukannya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Menambah Kolom dan Baris Pada Excel

Sangat merepotkan jika kita harus mengulang proses pengisian data hanya karena ada beberapa data yang terlewat dari urutannya. Bukan hal yang sulit jika jumlah datanya hanya sedikit. Bayangkan jika ada ratusan data yang harus diulang, tentu kesabaran Anda akan diuji pada situasi tersebut. Oleh karena itu, solusi yang paling tepat adalah menambahkan kolom pada bagian yang terlewatkan.

Selain menambah kolom, Anda juga bisa menambahkan baris. Jika terdapat baris atau kolom yang tidak sesuai, Anda juga bisa menghapusnya. Di bawah ini akan dijelaskan cara menambah kolom dan baris pada excel beserta cara menghapusnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut :

A. Menambah Kolom Pada Excel

Sebuah kolom merupakan barisan data yang disusun secara horizontal ke bawah. Jika kita lihat pada Microsoft Excel, kolom adalah barisan yang ditandai dengan abjad. Dimulai dari huruf A sampai ke huruf-huruf lainnya secara berurutan. Untuk menambahkan kolom baru, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Pertama, klik pada cell yang akan disisipkan kolom tambahan.
  2. Setelah itu klik kanan pada cell tersebut, lalu pilih Insert.cara menambah kolom pada excel
  3. Akan ada 4 opsi yang akan muncul, yaitu shift cells right, shift cells down, entire rows, entire column. cara menambah kolom pada excel
  4. JikaAnda ingin menambahkan satu kolom di sebelah kiri, maka pilih Shift cells right lalu klik Ok. Pilihan ini akan menggeser cells yang Anda klik sebelumnya ke sebelah kanan, maka secara otomatis akan ada kolom baru di sebelah kirinya.
    Tampilan setelah klik Shift Cells Right
  5. Jika Anda ingin menambahkan kolom secara keseluruhan (dari atas hingga ke bawah), maka pilih opsi Entire column lalu klik Ok. Pilihan ini akan menggeser seluruh kolom yang Anda klik ke sebelah kanan, maka akan ada barisan kolom baru di sebelah kirinya.
    Tampilan setelah klik Entire Column
  6. Selesai. Sekarang Anda bisa menambahkan data yang terlewatkan sebelumnya.

B. Menambah Baris Pada Excel

Baris di excel merupakan barisan data yang tersusun secara vertikal ke bawah. Baris ini ditandai dengan angka di sebelah kirinya. Banyak sekali terjadi penginputan data yang terlewat di bagian ini. Untuk itu, menambahkan baris baru merupakan solusi yang tepat. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik salah satu cell yang ingin Anda sisipkan baris tambahan.
  2. Klik kanan pada cell tersebut, lalu pilih Insert.cara menambah baris pada excel
  3. Jika Anda ingin menambahkan satu baris saja di atas cell yang Anda klik, maka pilih Shift cells down lalu klik Ok. Opsi ini akan menggeser satu cell yang Anda pilih sebelumnya ke bawah. Otomatis Cell baru akan muncul di atasnya.
    Tampilan setelah klik Shift Cells Down
  4. Jika Anda ingin menambahkan satu deretan baris panjang baru, maka pilih opsi Entire rows lalu klik Ok. Opsi ini akan menggeser seluruh baris cell header yang Anda pilih sebelumnya ke bawah dan menambahkan baris baru diatasnya.
    Tampilan setelah klik Entire Rows
  5. Selesai. Silakan masukkan data sesuai yang Anda kehendaki.

C. Menghapus Kolom atau Baris di Excel

Setelah kita bisa menambahkan kolom maupun baris di dalam aplikasi Excel, Anda sebaiknya juga mengetahui cara menghapusnya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menghilangkan data yang seharusnya tidak dimasukkan. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :
  1. Klik cell, kolom, atau baris yang ingin Anda hapus.
  2. Klik kanan pada cell tersebut, lalu pilih Delete.
  3. Silakan pilih perintah penghapusan yang Anda inginkan. Kemudian setelah itu klik Ok.
    • Entire Row : Untuk menghapus baris.
    • Entire Column : Untuk menghapus kolom
    • Shift Cells Left : Untuk menghapus cell yang dipilih dan menggeser cell yang ada dikanannya ke sebelah kiri.
    • Shift Cells Up : Untuk menghapus cell yang dipilih dan menggeser cell yang ada dibawahnya ke sebelah atas.

Kesimpulan

Saat menginput data di excel, ada kalanya terjadi kesalahan. Oleh karena itu, dibutuhkan cara khusus untuk menanganinya. Jika Anda tidak tahu cara khusus untuk melakukannya, biasanya langkah yang akan diambil adalah menginput ulang data. Tentu saja hal itu sangat tidak efektif. Untuk itu, cara menambah kolom pada Excel di atas sangat penting untuk Anda pelajari.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Kolom dan Baris Pada Microsoft Excel"