Mudah! Cara Membuat Garis Pembatas Tabel dalam Microsoft Excel


Cara membuat garis tabel dalam Microsoft Excel perlu anda lakukan karena saat pertama kali membuka microsoft excel yang tersedia hanyalah garis semu. Artinya garis-garis yang ada pada lembar kerja tersebut tidak akan muncul garisnya ketika diprint. Alasan inilah mengapa perlu dibuat garis tabel atau yang disebut border. Microsoft Excel merupakan lembar kerja dengan tampilan kolom, namun akan semakin lengkap dengan penggunaan pembatas seperti garis tabel.

Garis pada kolom ini tidak akan tampak jika tidak membuat garis itu sendiri. Garis yang dibuat pada tabel Microsoft Excel bersifat sebagai garis bantu. Oleh karena itu, menebalkan garis tersebut adalah langkah yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar ketika hasil kerja anda dicetak di printer akan tampak. Membuat garis pada tabel Microsoft Excel cukup simpel, anda cukup melakukannya seperti membuat tabel.

Cara Membuat Garis Pembatas Tabel dalam Microsoft Excel

Menggunakan lembar kerja Microsoft Excel berupa kolom-kolom biasanya digunakan untuk pengumpulan data. Lembar kerja tersebut pada umumnya merupakan aplikasi dengan bentuk spreadsheet. Lembar kerja yang terdiri dari sel dan kolom dengan garis yang mirip seperti tabel.

Namun sayangnya, jika garis tabel tidak anda buat sendiri ketika diprint tak akan tercetak. Garis pada lembar kerja Microsoft Excel hanya bersifat sebagai garis bantu saja. Nah, bagi anda yang belum bisa membuat garis tabel dalam membuat Microsoft Excel, berikut ini ada langkah yang bisa dilakukan. Diantaranya:

1. Melalui Menu Format Cells

Pertama kali yang perlu anda lakukan yaitu menentukan data yang akan diberikan garis. Selanjutnya blok data dan klik kanan, kemudian Pilih Format Cells.

Kemudian masuk ke tab Border, pilih bagian tabel mana saja yang ingin anda beri garis. Selain itu, anda juga bisa mengatur bentuk dan warna garis pada menu tersebut. Setelah selesai mengatur klik OK. Jika sudah berhasil, garis akan tampak lebih hitam sehingga ketika dicetak garis akan tampak.

cara membuat garis tabel dalam Microsoft excel

2. Melalui Fungsi Border Pada Ribbon

Selain melalui cara diatas anda juga bisa melakukannya melalui fungsi border pada ribbon. Caranya dengan Klik Tab Home yang berada di atas kiri layar. Selanjutnya Klik simbol segitiga disamping  Icon Border seperti pada gambar di bawah ini.

cara membuat garis tabel dalam Microsoft excel

Setelah itu anda tinggal pilih style garis tabel sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda hanya ingin membuat garis di bagian luarnya saja, maka bisa pilih menu Outsider Borders. Namun, jika anda ingin membuat garis pada semua kotak, maka border yang digunakan juga harus pada keseluruhan data. All Border adalah menu yang harus anda pilih untuk membuat garis pada keseluruhan tabel. Selain itu anda juga bisa memilih Draw Tabel untuk menggambar sendiri garis tabel sesuai dengan kebutuhan anda. Setelah selesai garis tabel akan tampak dan dapat dilihat dari proses print preview.

Baca Juga : Struktur Komputer Beserta Fungsinya Lengkap

Microsoft Excel adalah satu lembar kerja yang biasa digunakan untuk membuat data berbentuk tabel. Namun, ketika hasil lembar kerja tersebut akan diprint, sebaiknya tebalkan garis. Anda bisa mengikuti cara diatas untuk membuat garis tabel dalam Microsoft Excel agar bisa muncul ketika diprint.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudah! Cara Membuat Garis Pembatas Tabel dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar