Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Power Point


Microsoft Power Point sampai saat ini masih menjadi media presentasi yang efektif. Anda bisa memberikan presentasi berupa teks, gambar, video, hingga mencantumkan hyperlink pada slide yang disediakan. Pada artikel kali ini, secara spesifik kita akan membahas cara membuat hyperlink di Power Point. Fitur ini cukup menunjang presentasi karena dapat memberi variasi tampilan.

Umumnya, seseorang yang melakukan presentasi dengan Power Point hanya berfokus pada teks dan gambar. Sementara hal penunjang lainnya tidak begitu diperhatikan. Pada akhirnya banyak materi presentasi yang monoton dan membosankan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi saat sedang presentasi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengenal hyperlink yang akan dibahas berikut ini.

Cara Membuat Hyperlink di Power Point

Hyperlink merupakan sebuah link pintasan menuju halaman tertentu pada materi presentasi. Artinya Anda tidak hanya menggunakan tombol next dan back untuk berpindah dari satu slide ke slide lainnya. Dengan hyperlink Anda bisa menuju ke slide tertentu tanpa harus urut. Sebagai contoh, saat Anda berada di slide 2, Anda bisa menambahkan hyperlink untuk menuju ke slide 9.

Hyperlink sendiri bisa dibuat dalam bentuk teks, gambar atau juga tombol. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan dalam presentasi Anda. Selan itu, jika Anda ingin menambahkan file pdf dalam presentasi Anda, hyperlink juga bisa dibuat untuk melakukan hat tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat cara berikut ini :

A. Membuat Hyperlink Penghubung Antar Slide

Hyperlink ini akan mengarahkan kita ke halaman/slide tertentu di dalam file yang sama. Misalkan Anda membuat 18 halaman Power Point, Anda bisa membuat tombol hyperlink dari halaman 3 menuju halaman 15. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Pertama, buka file Power Point yang sudah Anda buat sebelumnya.
  2. Setelah itu, pilih halaman slide yang ingin Anda tambahkan hyperlink. Misal, kita akan membuat hyperlink dari slide 3 ke slide 15.
  3. Buatlah simbol/teks di halaman 3. Lalu, tuliskan keterangan yang menunjukkan isi dari slide 15 (seperti judul atau keyword tertentu).
  4. Setelah itu, klik kanan pada simbol tersebut dan pilih Hyperlink.
    cara membuat hyperlink di power point
  5. Pada pilihan Link to:, klik opsi Place in This Document. Kemudian pada pilihan Select a place in this document:, silakan pilih slide 15. Lalu Klik Ok.
    cara membuat hyperlink di power point
  6. Kini, simbol yang telah Anda buat sudah bisa difungsikan sebagai hyperlink dalam presentasi Anda.
  7. Coba jalankan hyperlink tersebut dengan menekan F5 pada slide 3, lalu klik simbol hyperlink telah Anda buat. Jika berhasil, maka Anda akan langsung melihat slide ke 15 dalam presentasi Anda.

B. Membuat Hyperlink ke File di dalam Satu Folder

Anda bisa membuka file lain saat sedang presentasi menggunakan Microsoft Power Point. Hanya saja Anda perlu menyimpan file tersebut pada folder yang sama dengan file Power Point Anda. Kali ini kita akan coba membuka file PDF dari sebuah hyperlink di Power Point. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka file Power Point Anda.
  2. Silakan buat simbol/teks yang akan Anda buat sebagai hyperlink.
  3. Jika sudah, klik kanan pada simbol/teks tersebut dan pilih Hyperlink.
  4. Jendela baru akan muncul. Pada Opsi Link to:, silakan pilih Existing File or Web Page.
    cara membuat hyperlink di power point
  5. Lalu di sebelah kanan, pilih kategori Current Folder. Pastikan file PDF yang ingin Anda masukkan sudah berada di dalam folder yang sama dengan file Power Point yang Anda buat. Selanjutnya Pilih file PDF yang ingin Anda hubungkan, lalu klik OK.
  6. Sekarang simbol yang sudah Anda buat akan berfungsi untuk membuka file PDF yang sudah Anda hubungkan.
  7. Silakan coba fungsi tombol hyperlink dengan menekan F5, lalu klik simbol tersebut. Jika File PDF terbuka, maka pembuatan hyperlink sudah berhasil.
Sebenarnya tidak hanya berupa file PDF saja yang bisa Anda hubungkan dengan hyperlink. Anda juga bisa membuka file Video, JPEG, aplikasi, dll. Anda tinggal menyesuaikan dengan materi yang ingin Anda tampilkan.

Penutup

Fitur hyperlink pada Power Point merupakan salah satu fitur yang cukup penting. Dengan melibatkan fitur ini, presentasi yang Anda lakukan akan lebih variatif dan efektif. Cara melakukannya pun juga cukup mudah. Silakan praktekkan cara membuat hyperlink di Power Point pada artikel ini secara berulang agar Anda semakin mahir melakukannya. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "2 Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Power Point"