3 Cara Membuat Tabel di Microsoft Power Point

Saat harus presentasi, aplikasi yang paling sering digunakan adalah Power Point. Aplikasi buatan Microsoft ini memang dirancang untuk tujuan tersebut. Berbagai fitur di dalamnya mendukung penyajian data baik text, gambar video, hingga tabel. Lebih khususnya, pada artikel ini akan membahas mengenai cara membuat tabel di Power point.

Jika menggunakan Microsoft Excel atau Word, mungkin sebagian orang sudah cukup familiar jika ingin menambahkan tabel pada worksheet. Namun bagi sebagian pengguna Power Point masih sedikit mengalami kesulitan tentang letak tools untuk menambahkan tabel di lembar presentasi. Untuk dapat menambahkan tabel di Power Point secara lengkap silakan baca artikel di bawah ini.

Cara Membuat Tabel di Power Point

Tabel merupakan salah satu bentuk penyajian data matriks yang dapat dibaca menggunakan unsur baris dan kolom. Beberapa jenis data memang sangat efektif untuk dijabarkan ke dalam tabel dibandingkan hanya penjelasan secara deskriptif menggunakan teks. Langsung saja, bagi Anda yang ingin membuat tabel di Power Point bisa menggunakan 3 cara di bawah ini :

A. Menggunakan Pintasan di Lembar Kerja Power Point

  1. Buka aplikasi Power Point Anda. Secara otomatis Anda akan disajikan lembar kerja baru. Di slide pertama, Anda bisa menuliskan Judul dan juga subjudul (Menu untuk menambahkan tabel belum muncul di slide pertama).
  2. Silakan tekan Enter untuk menuju slide kedua. Di sini Anda akan melihat berbagai menu pintasan seperti tambah tabel, gambar, video, dll. Anda bisa menambahkan tabel dengan memilih simbol tabel berupa persegi dengan motif kotak-kotak pada lembar kerja.
  3. Masukkan jumlah baris dan kolom sesuai dengan kebutuhan, lalu klik OK.
  4. Secara otomatis tampilan tabel akan muncul di lembar kerja Anda. Jika warna tabel tidak sesuai dengan keinginan, silakan atur ulang di bagian Design pada menu toolbars di atas.
  5. Selesai. Anda bisa memasukkan data/informasi menggunakan tabel tersebut.

B. Menggunakan Menu Insert

  1. Buka aplikasi Power Point Anda.
  2. Klik tab Insert di bagian atas toolbars. Lalu Temukan dan klik simbol tabel berupa persegi dengan motif kotak-kotak, kemudian klik Insert Table.
  3. Silakan masukkan jumlah baris dan kolom yang Anda kehendaki, kemudian klik OK.
  4. Tabel akan tersaji pada lembar kerja Anda. Anda bisa mengubah tampilan tabel tersebut melakukan pengaturan pada menu Design di bagian atas.
  5. Selesai.

C. Menggunakan Tabel Excel

Selain cara di atas yang lebih mengedepankan tampilan tabel sederhana, ada cara yang ketiga yaitu menggunakan tabel excel. Di sini Anda bisa membuat tabel lengkap dengan formula/perhitungan tertentu seperti saat menggunakan Excel. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Pada lembar kerja, pilih slide yang ingin Anda tambahkan tabel.
  2. Klik Insert > pilih Tabel > pilih Excel Spreadsheet. Secara otomatis akan muncul tampilan seperti saat Anda menggunakan excel.
  3. Anda bisa isi halaman spreadsheet tersebut dengan berbagai data atau informasi lengkap dengan berbagai formula di excel. Atur ukuran windowsnya karena tampilan di dalam windows itulah yang akan ditampilkan nantinya.
  4. Selesai. Dengan tabel ini informasi yang Anda tampilkan akan lebih lengkap dibandingkan dengan tampilan tabel biasa.

Penutup

Anda bisa menggunakan ketiga cara di atas saat ingin menambahkan tabel pada slide tertentu di Power Point. Terdapat dua cara yang hampir sama modelnya namun bisa dilakukan dengan proses yang berbeda. Sementara satu cara lainnya menggunakan format excel yang lebih lengkap. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menambahkan tabel di dalam presentasi, data yang disampaikan akan jauh lebih informatif dibandingkan hanya menggunakan teks saja. Untuk itu, cara membuat tabel di power point kali ini bisa Anda praktikkan saat ingin menyiapkan materi presentasi. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Membuat Tabel di Microsoft Power Point"

Posting Komentar