Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Instal Aplikasi Android di PC tanpa bluestack


Android saat ini sudah menjadi sistem operasi paling populer yang telah digunakan di banyak piranti elektronik. Mulai dari smartphone, smart TV, smart watch dan lain-lain. Bersaing ketat dengan iOS, kini Android sudah mencapai miliyaran pengguna dari seluruh dunia. Berkaitan dengan Android, artikel kali ini akan membahas tentang cara instal aplikasi Android di PC tanpa Bluestack.

Tahukah Anda bahwa aplikasi Android bisa juga dijalankan di PC? Umumnya, hal itu dilakukan menggunakan bantuan software pihak ketiga, yaitu Bluestack. Apakah dengan Bluestack merupakan satu-satunya cara untuk melakukannya? Jawabannya tidak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat ingin menjalankan aplikasi Android di PC? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara Instal Aplikasi Android di PC Tanpa Bluestack

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada beberapa cara agar Anda bisa menjalankan aplikasi Android di PC tanpa harus menggunakan Bluestack. IDN Wow Indonesia berita viral milenial masa kini Banyak orang merasa bahwa emulator ini cukup berat saat dijalankan. Salah satu cara berikut bisa dikatakan lebih mudah dan praktis karena tidak perlu menginstal software apapun. Langsung saja, inilah 2 cara menjalankan aplikasi Android di PC :

A. Menggunakan Google Chrome

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan browser Google Chrome. Cara ini terbilang cukup simpel dan tidak memerlukan software yang harus diinstal di Windows atau OS apapun di PC. Anda hanya perlu menambah extension bernama Arc Welder. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Jalankan browser Google Chrome di PC Anda.
  2. Masuk ke halaman Chrome Webstore dan cari extension Arc Welder. Anda juga bisa mengunjungi link berikut untuk langsung menuju halaman yang dimaksud : https://chrome.google.com/webstore/detail/Arc-welder/
  3. Selanjutnya pilih Add to Chrome.
    Cara instal aplikasi android di PC tanpa Bluestack

  4. Setelah proses download selesai, Arc Welder akan melakukan proses instalasi.
  5. Silakan jalankan aplikasi tersebut dengan menekan tombol Launch App.

  6. Setelah Arc Welder berjalan, akan muncul tampilan layar seperti Android. Kemudian Klik tombol Choose untuk memilih tempat untuk menyimpan data Arc Welder.

  7. Anda bisa pilih opsi Add your APK. Lalu pilih file dengan format APK yang ingin Anda jalankan, seperti Instagram, Whatsapp, dll.

  8. Aplikasi selanjutnya akan terinstal melalui dukungan Arc Welder. Kemudian Anda bisa menjalankannya seperti saat menggunakan Android.
  9. Selesai. Kini PC anda sudah bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android.

B. Menggunakan Genymotion

Genymotion adalah sebuah emulator Android yang cukup terkenal. Emulator ini memiliki kinerja yang sangat cepat. Bahkan banyak pengembang merasa sedang menggunakan Android secara langsung yang sebenarnya adalah emulator. Untuk bisa menggunakan emulator Genymotion, silakan ikuti cara berikut ini :
  1. Sebelum menggunakan Genymotion pastikan anda sudah memasang software virtualbox. Jika belum, anda bisa mendownload dulu disini.
  2. Selanjutnya, silakan Anda download dan instal Genymotion ke PC terlebih dahulu.
  3. Jalankan emulator Genymotion. Setelah itu kamu akan diminta untuk masuk terlebih dahulu ke akun Genymotion yang kamu miliki. Jika anda belum mempunyai akun Genymotion kamu bisa membuatnya dengan klik tombol Create Account yang berada di bagian bawah layar.
    Cara instal aplikasi android di PC tanpa Bluestack
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih virtual device. Untuk menambahkan virtual device, klik simbol + atau add virtual device yang ada pada bagian kanan atas layar.
  5. Pilih virtual device yang Anda ingin gunakan, Lalu pilih Next. Virtual device memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat yang mumpuni menggunakan spesifikasi apapun di PC Anda. Hal ini karena Genymotion menyediakan device berbasis cloud yang bisa Anda akses.
  6. Setelah Anda selesai memilih virtual device, layar akan menampilkan spesifikasi dari device yang Anda pilih. Jika Anda setuju, klik Instal. Akan ada proses download file. Tunggu sampai prosesnya selesai.
    Cara instal aplikasi android di PC tanpa Bluestack
  7. Sampai tahap ini Anda sudah bisa menggunakan Genymotion. Untuk memulainya, silakan klik tombol tombol tiga titik di virtual device yang ingin kamu jalankan, lalu klik start untuk memulainya.
  8. Anda juga bisa menginstal berbagai aplikasi Android dengan emulator Genymotion ini.
Genymotion kompatibel dengan beberapa OS berikut ini :
  • Windows : Windows Vista/7/8/8.1 atau versi terbaru.
  • Mac OS : Mac OS X 10.8 (64 bit) atau versi terbaru.
  • Linux : Ubuntu 12.04 (32/64 bit) atau versi terbaru.

Penutup

Cara instal aplikasi Android di PC Tanpa Bluestack ternyata bisa dilakukan. Banyak orang selama ini mengira bahwa satu-satunya cara untuk bisa menjalankan aplikasi Android di PC hanya menggunakan Bluestack saja. 2 cara di atas tentunya bisa memberikan opsi lain bagi Anda yang ingin memainkan Aplikasi Android di PC.

Posting Komentar untuk "2 Cara Instal Aplikasi Android di PC tanpa bluestack"