Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Hyperlink Antar File dan Sheet di Microsoft Excel


Ketika membuat laporan menggunakan Excel ada kalanya kita perlu melihat atau membuka nilai data yang ada di sheet lainnya. Baik di satu worksheet yang sama atau worksheet yang lainnya. Supaya lebih mudah kita bisa membuat link antar sheet ataupun hyperlink antar file excel supaya laporan bisa dikerjakan lebih mudah dan cepat. Seperti apa cara membuat link antar file dan sheet di Microsoft Excel?

Jadi dengan adanya link excel antar file atau sheet ini, Anda bisa menggunakannya untuk menampilkan keseluruhan sheet atau untuk menampilkan range nilai yang diperlukan. Contohnya ketika di laporan keuangan dibutuhkan keterangan lebih detail seputar hasil perhitungan. Dengan adanya link antar file atau sheet, tentu saja Anda bisa mengarahkannya menuju ke file atau sheet untuk penjabaran perhitungan tersebut.

Type Hyperlink Dalam Workbook Excel

Dalam Microsoft Excel ada berbagai fitur hyperlink yang bisa kita gunakan, Sebagai berikut penjelasannya :
  • Existing File Or Web Page, Digunakan untuk membuat Hyperlink menuju ke File di komputer anda atau ke halaman suatu web.
  • Place In This Document, Digunakan untuk membuat Hyperlink Antar Sheet atau pada lembar sheet yang sama.
  • Create New Document, Digunakan untuk membuat Hyperlink menuju ke File Excel Baru, Di tab tersebut anda akan diminta untuk membuat file excel baru dengan cara memberikan nama pada file yang akan dibuat.
  • Email Address, Digunakan untuk membuat Hyperlink ke Alamat Email, Di tab tersebut anda akan diminta untuk mengisi alamat email tujuan dan subjek email.

Cara Membuat Link Antar Sheet di Excel

Membuat link antar sheet dan file itu sama-sama penting. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Bagi yang ingin menghubungkan data antar sheet dengan hyperlink pada worksheet yang sama, maka caranya sebagai berikut :

#1. Memakai Fungsi Hyperlink Pada Ribbon

Ini adalah cara paling sering digunakan oleh pengguna Excel pada umumnya. Tidak heran karena cara ini tergolong sangat mudah. Mengingat Anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja. Adapun langkahnya sebagai berikut :
  1. Langkah pertama, klik di bagian sel, text, atau shape yang akan dibuat untuk linknya.
  2. Selanjutnya pilih tab Insert dan kemudian pilih lagi Hyperlink. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda juga bisa menekan shortcut Ctrl + K
    cara membuat link antar sheet di excel
  3. Nantinya akan muncul dialog box Insert Hyperlink. Di bagian link to:, Anda bisa memilih Place in This Document. Dengan langkah ini, Anda bisa memunculkan beberapa sheet yang ada di file excel tadi. Misalnya seperti sheet 1, sheet 2, sheet 3 dan seterusnya.
  4. Klik di sheet yang ingin dijadikan tujuan link yang akan dibuat. Anda bisa memilih sheet sesuai kebutuhan. Selain itu anda juga bisa memasukkan nama cell tujuan pada kolom Type The Cell Reference.
    cara membuat link antar sheet di excel
  5. Berikutnya klik Ok dan hyperlink sudah bisa digunakan.
Bagi yang merasa masih kesulitan, Anda juga bisa menggunakan alternatif cara lainnya. Jadi Anda bisa klik kanan di sel yang diinginkan untuk dibuat link antar sheet tadi. Berikutnya pilih bagian hyperlink di bagian tab bawah. Berikutnya, Anda bisa mengikuti cara-cara yang telah dibahas di atas. Jadi lebih ringkas dan tidak rumit. Namun kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan.

#2. Menggunakan Rumus Fungsi Hyperlink

Untuk membuat link antar sheet, Anda juga bisa memakai rumus fungsi hyperlink. Dengan memakai rumus fungsi ini, Anda bisa membuat link antar sheet dengan mengetikkan rumus fungsi di sel yang diinginkan.

Bedanya, saat menggunakan cara ini, Anda tidak bisa menghapus bagian hyperlink yang dibuat dengan klik kanan dan hapus hyperlink tadi. Adapun cara membuat hyperlinknya sebagai berikut :

Caranya dengan memakai konsep alamat sel untuk tujuan link antar sheet yang diinginkan, Contohnya saat ingin membuat hyperlink di sel “Alamat Rumah” bisa langsung diarahkan ke sheet 2 di range sel yang telah ada.

Fungsi penulisannya menjadi seperti ini :
=HYPERLINK("#E1:E11";"Alamat Rumah") 
cara membuat link antar sheet di excel

Keterangan :
Sheet2!E1:E11 menjadi tujuan sheet dan range sel.
Alamat Rumah menjadi penamaan sel

Cara Membuat Link Pada Lembar Sheet Yang Sama Pada Excel

Dalam membuat file di Excel sering kali kita menggunakan banyak sekali baris dan kolom dalam satu sheet karena data yang kita masukkan terlalu banyak. Sehingga hal itu membuat kita sulit untuk memahami isi dalam data tersebut. Tapi dengan Menggunakan fitur Hyperlink pada lembar sheet yang sama akan mempermudah kita untuk dalam memahami dan mencari data yang kita butuhkan. Untuk langkah-langkah membuatnya sebagai berikut :

#1. Memakai Fungsi Hyperlink Pada Ribbon

Cara ini hampir sama dengan cara membuat link antar sheet, hanya terdapat sedikit perbedaan saja. Untuk lebih jelasnya bisa simak di bawah ini :
  • Lakukan langkah 1 sampai dengan 3 seperti pada cara membuat link antar sheet.
  • Selanjutnya tinggal masukkan nama cell pada bagian Type The Cell Reference:. Misalnya cell Z10
  • Kemudian klik Ok dan coba klik pada hyperlink tersebut. Jika berhasil mengarah ke cell Z10 maka hyperlink berhasil di buat.

#2. Menggunakan Rumus Fungsi Hyperlink

Untuk membuat link pada lembar sheet yang sama anda bisa gunakan rumus ini :
=HYPERLINK("#Z10";"Pekerjaan")

Keterangan :
Z10 menunjukkan cell tujuan hyperlink
Pekerjaan menjadi penamaan cell

Cara Membuat Link Antar File di Excel

Untuk membuat link yang menghubungkan file di Excel, Anda bisa menggunakan rumus hyperlink ataupun Ribbon. Untuk lebih jelasnya bisa simak cara dibawah ini :

#1. Memakai Fungsi Hyperlink Pada Ribbon

Untuk Link Antar File, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Klik pada bagian cell, text, atau shape yang akan dibuat hyperlink.
  2. Selanjutnya pilih tab Insert dan kemudian pilih lagi Hyperlink. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda juga bisa menekan shortcut Ctrl + K
  3. Selanjutnya akan muncul dialog box Insert Hyperlink. Di bagian link to:, Anda bisa memilih Existing File Or Web Page.
  4. Kemudian pilih Current Folder, Setelah itu pilih file mana yang ingin menjadi tujuan hyperlink. Selain itu anda juga memasukkan alamat file tujuan atau alamat web tujuan pada kolom Address.
    cara membuat link antar file di excel
  5. Selanjutnya klik Ok dan coba jalankan hyperlink yang telah anda buat.

#2. Menggunakan Rumus Fungsi Hyperlink

Untuk membuat link yang menghubungkan file di excel tidak terlalu rumit. Berikut rumusnya : 
=HYPERLINK ("D:\Tugas\Contoh Data.xlsx";"Data")
cara membuat link antar file di excel

Keterangan :
D:\Tugas\Contoh Data.xlsx ini menunjukkan lokasi tempat FileA disimpan.
Data menjadi penamaan cell

Akhir Kata

Sangat mudah bukan untuk membuat link antar file atau sheet di Excel. Dengan bantuan ini tentu saja Anda bisa menampilkan rincian perhitungan yang dibutuhkan di laporan. Cara membuat link antar file di Excel bisa langsung dicoba di rumah menggunakan komputer masing-masing. Semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Hyperlink Antar File dan Sheet di Microsoft Excel"