Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Compatibility Mode Pada Word

Dalam melakukan pekerjaan menggunakan PC tentu kita tidak pernah terlepas dengan Microsoft Office. Salah satunya adalah dalam penggunaan Ms. Word. Aplikasi yang satu ini digunakan untuk menulis dokumen sehingga sangat penting. Namun, terkadang apakah Anda sadar jika ada beberapa jenis dokumen yang dari orang lain yang jika Anda buka di bagian atasnya ada tulisan compatibility mode? Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut dapat mengganggu atau tidak. Lalu bagaimana cara menghilangkan compatibility mode pada Word tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu seluk beluknya sehingga untuk memahaminya lebih mudah. Berikut penjelasannya secara lengkap :

Apa Itu Compatibility Mode Pada Ms. Word?

Mode kompatibilitas atau compatibility mode adalah suatu pemformatan dokumen secara otomatis yang terjadi karena adanya pergantian dokumen dari penggunaan Ms. Word versi yang dulu lalu dipindahkan di versi yang baru. Misalnya dari Ms. Word 2007 lalu dipindahkan ke komputer yang Ms. Word-nya sudah versi 2010, 2013, atau 2016.

Pada versi yang dahulu tentu memiliki beberapa perubahan mengenai fitur-nya. Untuk Ms. Word yang lama tidak selengkap dengan yang baru sehingga terjadi suatu perbedaan dan akhirnya muncullah pada judul dokumen [Compatibility Mode] di samping kanan judul utama. Hal ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada Ms. Word saja akan tetapi juga terjadi untuk seluruh Microsoft Office. 

Dengan adanya mode kompatibilitas maka akan membatasi Anda dalam melakukan pengeditan dokumen tersebut. Namun, pembatasan ini juga disesuaikan dengan dari mana dokumen tersebut berasal, apakah dari versi di bawahnya atau yang sudah sangat jadul. Perbedaan antara dokumen 2007 dibuka di 2010 akan berbeda juga jika dibuka pada versi 2016. 

Namun, jika penyuntingan pada dokumen Anda masih dalam taraf yang sederhana dan tidak perlu menggunakan fitur modern maka Anda tidak perlu mengubahnya. Tetapi, jika dibutuhkan maka harus dihilangkan sehingga Anda bisa menggunakan berbagai fitur terbaru di dokumen yang dibuat dengan versi yang lama.

Cara Mengetahui Compatibility Mode yang Digunakan Oleh Dokumen Ms. Word 

Mengapa harus mengetahui mode kompatibilitas yang digunakan oleh dokumen tersebut? Tentu hal ini sangat berkaitan dengan fitur yang akan Anda gunakan. Jika sangat penting maka Anda bisa menggantinya, namun jika tidak Anda bisa memilih untuk membiarkannya. Lalu bagaimana cara untuk mengetahuinya?

  1. Pertama, buka dokumen Anda yang ada pada mode kompatibilitas.
  2.  Klik File 
  3. Klik Info 
  4. Klik Check for Issues 
  5. Klik Check Compatibility 
  6. Setelah itu akan ditampilkan jendela yang menunjukkan versi Ms. Word yang mana dokumen Anda.

Cara Menghilangkan Compatibility Mode Pada Ms. Word 

Bagi yang merasa hal ini sangat mengganggu karena Anda tidak dapat mengakses fitur yang modern untuk dokumen Anda maka lebih baik dihilangkan saja. Tapi pastikan jika dokumen tersebut tidak dikembalikan ke versi yang lebih lama karena mungkin mereka akan membutuhkan format lama tersebut. atau sebaiknya simpan salinannya. cara menghilangkan compatibility mode pada Word dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, Buka dokumen yang berada pada mode kompatibilitas tersebut
  2. Lalu, klik pada File
  3. Klik Info 
  4. Lalu lakukan konversi dengan mengeklik Convert Cara menghilangkan compatibility mode pada word
  5. Anda akan diperingati bahwa nantinya dokumen tersebut akan mengalami sedikit perubahan khususnya pada tata letak.  
  6. Jika Anda merasa tidak masalah, Tinggal klik Ok maka dokumen tersebut secara otomatis akan hilang mode kompatibilitasnya. 
  7. Anda bisa langsung menyunting dengan menggunakan fitur modern. 

Kesimpulan dan Penutup

Di atas telah dijelaskan secara rinci mengenai mode kompatibilitas atau compatibility mode yang sering kali mengganggu Anda dalam melakukan aktivitas pengeditan dokumen Ms. Word Anda. Dengan cara menghilangkan compatibility mode pada Word di atas maka Anda seharusnya lebih paham dan dapat menghilangkannya dengan mudah serta dapat melakukan penyuntingan dokumen dengan menggunakan fitur Ms. Word yang terbaru. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang saat ini mungkin sedang bingung untuk menghilangkan mode kompatibilitas pada dokumen.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Compatibility Mode Pada Word"