Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Belajar Online Gratis Yang Wajib Kamu Punya

Pandemi Covid -19 tidak hanya merubah perilaku hidup sehat kita saja. Bahkan dalam dunia pendidikan kini harus menerapkan metode belajar dari rumah. Tentu saja, kondisi ini menuntut adanya sarana dan prasarana belajar dari rumah yang mumpuni.

Tidak hanya sekedar jaringan internet untuk mengakses pelajaran dari rumah. Ternyata juga diperlukan aplikasi belajar online yang handal dan terjangkau. Berikut kami sajikan informasi mengenai aplikasi belajar online gratis :

1. Rumah Belajar

Aplikasi belajar online gratis
Rumah Belajar adalah aplikasi belajar online yang dikembangkan oleh Kemendikbud dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sarana belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi. Sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah, tentu saja aplikasi ini gratis. 

Beberapa fitur yang tersedia di Rumah Belajar antara lain : 
  • Sumber Belajar 
  • Laboratorium Maya 
  • Kelas Digital 
  • Bank Soal
  • Buku Sekolah Elektronik
  • Peta Budaya
  • Karya Bahasa dan Sastra 
Aplikasi rumah belajar dapat dimanfaatkan oleh guru maupun siswa secara gratis.

2. ICANDO

Aplikasi belajar online gratis
ICANDO adalah aplikasi pendidikan untuk anak usia dini (PAUD) dan TK dengan program pembelajaran yang telah mengacu pada Kurikulum 2013 Revisi. ICANDO dikembangkan secara komprehensif dengan menyajikan ratusan permainan sederhana yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar anak di jenjang PAUD dan TK.

Dengan adanya ICANDO ini diharapkan proses belajar dari rumah bagi anak PAUD dan TK dapat berjalan dengan menyenangkan dan sesuai dengan kurikulum 2013.

3. Ruang Guru

Siapa yang tidak tau dengan aplikasi belajar yang satu ini, Ruangguru. Dengan promosi yang sangat gencar rasanya tidak sedikit orang yang sudah familiar dengan aplikasi Ruangguru ini.

Ruangguru sendiri adalah layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, video belajar berlangganan, platform ujian online, market place les privat, serta konten-konten pendidikan lain yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi Ruangguru. 

Selama pandemi Covid -19 ini ruangguru mendedikasikan fitur Sekolah Online gratis. Di Sekolah Online setidaknya terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan di aplikasi Ruangguru. 

4. Zenius

Aplikasi belajar online gratis yang bernama Zenius ini bahkan memiliki konten yang sangat lengkap mulai dari materi belajar PAUD, SD, SMP sampai Dengan SMA. Bahkan Zenius menyediakan materi belajar untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM.

Zenius sendiri berpedoman pada KTSP, Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013 Revisi. Zenius setidaknya dapat diunduh dan dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar dari rumah.

5. IndonesiaX

Aplikasi belajar online gratis
IndonesiaX adalah aplikasi belajar online gratis yang menyediakan berbagai layanan kursus dan peningkatan pengetahuan intelektual. IndonesiaX setidaknya memiliki berbagai video pembelajaran untuk meningkatkan skill peserta didik. IndonesiaX juga didukung oleh para instruktur yang berpengalaman di bidangnya.

Sejak diluncurkan secara dramatis pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kecerdasan dan kualitas bangsa dengan menyediakan kursus gratis.

Penutup

Demikian informasi mengenai aplikasi belajar online gratis yang kami rekomendasikan untuk anda coba. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani kegiatan belajar di rumah.

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Belajar Online Gratis Yang Wajib Kamu Punya"