Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Meskipun Microsoft Word dan Excel adalah aplikasi dasar dalam dunia perkantoran dan administrasi, tapi cara menggunakan keduanya belum dipahami oleh semua orang. Ada beberapa yang masih belum paham tentang cara memasukkan Excel ke Word.

Anda pasti tahu bahwa dengan menggunakan Word Anda bisa membuat tabel tapi tidak sekompleks Excel. Sehingga Anda membutuhkan Excel untuk membuat tabel sedemikian rupa, dengan menggunakan rumus tertentu dan memindahkannya ke Word untuk membuat laporan lebih mudah dan lebih enak dibaca. Tapi bagaimana caranya?

Daftar Cara Memasukkan Excel ke Word

1. Melalui Excel Spreadsheet di Word

Cara yang pertama bisa dibilang adalah cara manual. Cara ini bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Langkah-langkahnya seperti ini;
  1. Pertama buka dulu file word Anda.
  2. Lihat di bagian atas, kemudian klik di bagian Insert. Setelah itu pilih Table.
  3. KemudianAnda bisa menekan pada bagian Excel Spreadsheet.
  4. Secara otomatis lembar kerja dalam kondisi kosong akan muncul di dokumen tersebut. Lalu perhatikan pada bagian Ribbon akan berubah menjadi toolbar yang khusus untuk Excel.cara memasukkan excel ke word
  5. Selanjutnya Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada di toolbar tersebut. Fitur-fitur yang tersedia sama persis dengan yang ada di Excel.
  6. Kalau Anda ingin mengubah ukuran lembar kerjanya tinggal klik dan drag saja pada garis luar objek.
  7. Kalau sudah selesai mengedit, Anda tinggal klik pada bagian luar lembar kerja tersebut.
  8. Kalau ingin mengeditnya lagi tinggal double klik di lembar kerja.
Cara ini bisa dibilang sangat mudah dan Anda seperti membuat Excel di word. Tapi untuk sebagian orang cara ini menyulitkan. Lebih enak kalau mengeditnya langsung dan memindahkannya dari Excel ke Word. Lalu bagaimana caranya?

2. Embedding

Ini yang disebut dengan mengedit di Excel, kemudian memindahkan hasil editan Excel itu ke Word. Cara memasukkan Excel ke Word satu ini jadi favorit banyak orang, terutama ketika file Excel mereka sudah jadi duluan. Caranya begini :
  1. Setelah membuka file Word, tekan Insert
  2. Masuk ke Text. Lalu pilih Object.
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru, Anda tinggal tekan Browse untuk mencari file Excel yang ingin Anda pindah ke Word.
  4. Jika sudah menemukan filenya, Anda tinggal tekan OK.
Apabila menggunakan cara ini dan ingin melakukan editing, Anda bisa melakukan cara yang sama seperti cara pertama yakni hanya dengan menekan dua kali pada bagian lembar kerja.

Selain itu Anda juga bisa melakukan perubahan langsung di file Excelnya. Pertanyaannya, apakah perubahan yang terjadi di Word akan berefek di Excel? Tentu saja, karena pada dasarnya Anda sedang melakukan teknik embed dimana dua file saling berhubungan satu sama lain.

Satu tips lagi ketika menggunakan teknik ini adalah Anda harus menyalin kedua file Word dan Excel jika ingin keduanya bekerja. Karena kalau hanya file Word saja yang Anda copy, ada kemungkinan tidak terbaca file Embed tersebut. Tapi kalau sudah di copy, kemudian timbul masalah, Anda bisa mengatasinya dengan membuat ulang.

3. Copy Manual

Cara terakhir adalah dengan menggunakan copy manual. Cara ini terbilang sangat mudah. Ini yang harus Anda lakukan :
  1. Buka file Excel Anda.
  2. Blok kolom yang ingin di copy. Kemudian tekan CTRL + C pada keyboard.
  3. Buka file Word.
  4. Kemudian klik kanan dan pilih Paste yang Keep Source Formatting. Artinya ketika Anda mengcopy kolom tersebut, Anda sekaligus mengcopy format dari kolom tersebut. Sehingga tidak akan ada perubahan.
  5. Setelah selesai, akan langsung muncul hasilnya. Ketika Anda melihat hasilnya, semua bentuknya akan sama. Mulai dari warna yang Anda pilih untuk kolom tersebut sampai kepada lebar kolom dan warna fontnya.

Kekurangan menggunakan metode ini adalah Anda tidak bisa melakukan editing dan menambahkan rumus. Karena pada dasarnya Anda hanya mengcopy kolom dan isi dari kolom tersebut yang sudah menjadi hasil.

Dengan menggunakan 3 cara tersebut Anda bisa memindahkan atau memasukkan data yang ada di Excel ke Word. Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah dengan menggunakan cara pertama cukup? Atau menggunakan cara kedua sudah cukup? Atau Anda hanya perlu mengcopy bentuk filenya saja? Semua kembali pada Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat"