Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatur Ukuran Kertas F4 di Word

Dengan mengetahui cara mengatur ukuran kertas F4 di Word, Anda bisa mencetak dokumen sesuai dengan ukuran kertas dan tidak akan terpotong. Menyesuaikan ukuran kertas merupakan hal yang penting, namun masih banyak orang yang lupa untuk mengaturnya. Begitu dicetak, hasil tidak sesuai harapan karena memang tidak disesuaikan terlebih dahulu.

F4 atau HVS/Folio adalah jenis kertas yang paling sering dipakai untuk mencetak dokumen. Namun begitu, Anda tidak akan bisa menemukan pengaturan kertas F4 di Word, makanya harus di atur secara manual terlebih dahulu. Langsung saja, berikut bisa dipelajari langkah-langkah setting kertas F4 di Word dengan mudah.

Mengenal Jenis dan Ukuran Kertas yang Paling Sering Digunakan

Sebelum menginjak tutorial mengatur kertas F4 di Microsoft Word, lebih baik kita bahas terlebih dahulu mengenai jenis dan ukuran kertas dalam satuan MM, CM dan Inci. Hal ini penting karena Anda bisa menggunakan ukuran tersebut untuk mengatur kertas di Microsoft Word nanti. Untuk mempermudah pemahaman Anda, kami merangkum dalam sebuah tabel.

Tabel ukuran kertas F4 dalam mm, cm dan inchi :

Kertas Satuan MM Satuan CM Satuan Inchi
F4 215,9 x 330 21,59 x 33,0 8,5 x 13

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Word

Jika Anda teliti opsi jenis kertas di Microsoft Word, maka Anda tidak akan menemukan kertas F4. Orang-orang masih banyak yang salah paham menyamakan kertas F4 dengan kertas Legal, padalah dua jenis kertas ini sama sekali berbeda. Jika Anda mengatur kertas Legal, maka ketika dicetak hasilnya akan melenceng, terpotong dan tidak sempurna.

Jangan khawatir, cara mengaturnya sangat mudah dan bisa diterapkan di segala versi Microsoft Word, mulai dari Word 2007 hingga Word 2016. Berikut bisa disimak langkah-langkahnya :
  1. Buka Microsoft Word lalu klik tab “Page Layout
  2. Selanjutnya klik "Size" yang berada pada grup Page Setup
    cara mengatur ukuran kertas f4 di word
  3. Selanjutnya akan muncul jenis-jenis kertas beserta ukurannya, karena ukuran kertas f4 tidak tersedia pilih "More Paper Sizes"
    cara mengatur ukuran kertas f4 di word
  4. Selanjutnya pada bagian Paper size pilih “Custom size”, kemudian masukkan ukuran kertas F4 sesuai dengan tabel di atas
    cara mengatur ukuran kertas f4 di word
  5. Jika Anda menggunakan satuan CM, maka ukurannya adalah 21,59 cm untuk Width dan 33,0 cm untuk Height lalu klik “OK
  6. Selesai, sekarang kertas sudah berukuran F4

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Printer

Untuk memastikan dokumen F4 tercetak dengan sempurna di printer, usahakan Anda mengaturnya terlebih dahulu. Cara ini bisa diaplikasikan ke dalam semua jenis printer, yaitu sebagai berikut :
  1. Jika dokumen sudah siap dicetak, klik kombinasi tombol “CTRL + P” di keyboard
  2. Selanjutnya gulir ke bawah, lalu anda akan menemukan sebuah jenis kertas dan ukurannya, pilih bagian tersebut kemudian pilih opsi "More Paper Sizes"
  3. Selanjutnya pada bagian Paper size pilih "Costum size" lalu masukkan ukuran kertas F4 sesuai dengan tabel yang ada di atas, jika Anda menggunakan inci maka ukurannya adalah 8,5 inci untuk Width dan 13 inci untuk Height.
  4. Jika sudah yakin ukurannya sesuai, klik “OK
  5. Sekarang lanjutkan print seperti biasanya
Agar hasil cetakan lebih sempurna, memilih kertas F4 yang berkualitas juga sangat penting. Kualitas kertas sangat mempengaruhi hasil cetakan, jadi untuk hasil yang lebih baik gunakan kertas yang berkualitas.

Akhir Kata

Cara mengatur ukuran kertas F4 di Word di atas bisa dipraktekkan untuk mendapatkan hasil cetakan yang sesuai, tidak terpotong serta presisi ketika dijilid. Intinya, kamu dapat mengatur segala hal tentang ukuran dokumen dalam satu menu, yaitu Page Layout.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatur Ukuran Kertas F4 di Word"