Cara Backup dan Restore Data Whatsapp ke Google Drive

Sekarang ini aplikasi Whatsapp memungkinkan anda melakukan backup dan restore data Whatsapp ke Google Drive. Dengan fitur ini kamu bisa membackup pesan chat, gambar, video, file dan data Whatsapp kamu dan menyimpannya ke penyimpanan cloud Google Drive. Selain itu kamu bisa melakukan restore atau memulihkan data Whatsapp kamu kapanpun dari Google Drive.

Lalu mengapa anda harus melakukan backup data Whatsapp anda? Karena jika anda berganti telepon android atau mengganti ke handphone yang baru, riwayat chat dan data Whatsapp anda masih dapat dipulihkan. Sehingga kamu tidak usah khawatir lagi kehilangan data Whatsapp kamu.

Untuk melakukan backup dan restore data Whatsapp ke Google Drive kalian bisa mengikuti cara di bawah ini :

Cara Backup dan Restore Data Whatsapp Ke Google Drive

Cara Backup Data Whatsapp

1. Buka aplikasi Whatsapp
2. Masuk ke menu Setting dengan cara menekan ikon tiga titik di kanan atas layar lalu tekan Setting.
Backup data whatsapp
3. Setelah masuk ke menu Setting, Kemudian pilih Chat - Cadangkan Chat.
Backup data whatsapp
4. Selanjutnya gulir ke bawah untuk mengkonfigurasi pengaturan backup. Disitu kamu bisa memilih akun Google untuk tempat mencadangkan backup, memilih mencadangkan melalui wifi atau seluler, dan menyertakan atau tidak menyertakan video dalam backup. Selain itu kamu juga bisa memilih jadwal untuk mencadangkan secara otomatis pada opsi "Cadangkan ke Google Drive". Kamu bisa mengatur pengaturan backup itu sesuai dengan keinginan kamu.
Backup data whatsapp
5. Kemudian klik Cadangkan dan tunggu hingga proses mencadangkan selesai.
Backup data whatsapp

Cara Restore Data Whatsapp

Untuk melakukan restore data Whatsapp dari file yang telah dicadangkan di Google Drive tadi kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Pastikan akun Google yang kamu gunakan untuk mencadangkan sebelumnya ada pada perangkat handphone kamu.
2. Copot pemasangan Whatsapp dan instal aplikasi Whatsapp kembali. Untuk kamu yang menggunakan atau pindah ke perangkat baru, kamu bisa langsung instal saja aplikasi Whatsapp tanpa mencopot pemasangannya dulu.
3. Login dan verifikasi nomor handphone kamu seperti biasanya. Pastikan bahwa nomor handphone yang kamu gunakan sama dengan yang kamu gunakan untuk mencadangkan sebelumnya.
Restore data whatsapp
4. Kemudian Whatsapp secara otomatis mencari file backup kamu dan kamu akan diminta memulihkan data whatsapp kamu di google drive. Lalu klik Pulihkan dan tunggu hingga proses memulihkan chat selesai.
Restore data whatsapp
5. Setelah proses pemulihan chat selesai. Klik Lanjut dan kamu diminta untuk memulihkan media saat terhubung dengan wifi atau memulihkannya sekarang juga. Kamu bisa klik Oke untuk memulihkan media saat terhubung dengan wifi atau klik Pulihkan Sekarang untuk memulihkan segera. Lalu tunggu hingga proses memulihkan media selesai.
Restore data whatsapp
6. Selesai, Data Whatsapp kamu sudah dipulihkan dan kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Whatsapp kembali.

Baca Juga : 3 Cara Memperbarui Whatsapp Yang Sudah Kadaluarsa

Demikian tutorial cara backup dan restore data Whatsapp ke Google Drive. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Backup dan Restore Data Whatsapp ke Google Drive"

Posting Komentar