Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Dahulu Cara Menggunakan Aplikasi Termux, Lalu Operasikan

cara menggunakan aplikasi termux

Mungkin untuk orang awam, cukup asing dengan istilah kata termux. Diciptakan oleh Fredrik Cornwall yang merupakan developer android. Aplikasi ini adalah sebuah terminal emulator dan linux environment yang dapat dioperasikan tanpa root.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan CMD jika di windows, dan terminal jika di Linux. Kegunaan aplikasi termux juga cukup beragam, kamu bisa menggunakan termux untuk deface, spamming, Hacking, Bermain game, sampai membuat bot.

Penasaran dengan cara menggunakan aplikasi termux? Simak ulasan di bawah ini sampai selesai, karena tips belajar komputer pemula kali ini akan mengupas tentang penggunaan Termux.

Beri Izin Pengguna

Sebelum melakukan pemrograman yang rumit-rumit, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memberikan izin pengguna. Caranya cukup mudah yaitu :
  • Buka Pengaturan
  • Pilih Aplikasi, dan pilih Termux 
  • Nyalakan semua permission yang ada 
Ini baru langkah cara menggunakan aplikasi termux yang pertama, untuk memberi izin masih ada satu langkah lagi, yaitu buka aplikasi termux dan ketikkan perintah :
termux-setup-storage 
Baru setelah langkah ini kamu bisa menggunakan aplikasi termux dengan leluasa.

Tool & Script 

Terdapat dua pasangan yang tidak bisa dipisahkan dalam cara memakai aplikasi termux. Keduanya adalah tool dan Script. Tools adalah alat-alat yang bisa dipergunakan untuk mempermudah cara memakai aplikasi termux, sedangkan script adalah bahasa pemrograman untuk menjalankan kode yang dimasukkan sebagai program. 

Cara Menggunakan Aplikasi Termux

Termux tidak akan berjalan begitu saja secara otomatis tanpa menggunakan perintah. Untuk memasukkan perintah sendiri, bisa langsung menggunakan keyboard yang ada di layar. Perintah yang umum dimasukkan ketika baru menginstall dan digunakan untuk eksplorasi, biasanya  
  • cd : untuk membuka directory 
  • ls : menggunakan huruf L kecil, bukan i besar, untuk menampilkan isi file 
  • apt-list : untuk memperlihatkan paket pemrograman yang terinstall 
  • pkg install <nama paket> : untuk menginstall paket pemrograman. 
Perintah program di atas adalah cara pakai aplikasi termux yang paling dasar, tetapi akan dipakai sampai penggunaan yang expert. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memasukkan kode perintah, yaitu :  
a. Perintah di dalam termux harus dimasukkan dalam huruf kecil.
b. Setelah menulis perintah, jangan lupa tekan enter untuk menjalankan perintah tersebut.

Contoh penggunaan perintahnya sebagai berikut : 
Misalkan kamu ingin melihat paket pemrograman apa yang sudah terinstal, maka ketikkan  apt-list lalu tekan enter
Kemudian aplikasi termux akan menampilkan paket mana saja yang sudah diinstall dan belum, yang sudah diinstall ditandai dengan [installed]. Untuk yang baru menginstall termux tidak kaget karena tidak adanya paket berstatus installed, karena memang ada langkahnya sendiri untuk menginstallnya. Itulah ulasan singkat tentang cara menggunakan aplikasi termux yang bisa langsung kamu lakukan sebagai pemula.

Posting Komentar untuk "Pahami Dahulu Cara Menggunakan Aplikasi Termux, Lalu Operasikan"