Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar - Dasar Belajar Komputer Bagi Para Pemula

Belajar komputer pemula

Belajar komputer pemula memang pastinya akan begitu membingungkan, bahkan sebagian orang merasa cemas ketika berhadapan dengan perangkat komputer. Namun, pada era modern seperti sekarang ini jika tidak mahir menggunakan komputer pastinya akan tertinggal karena sudah merambah ke berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan saat ini juga mudah menemukan cara membuat aplikasi komputer yang akan memberikan dukungan terhadap kebutuhan kita. Jika dahulu komputer hanya fokus ke dalam bidang IT sekarang ini sudah lebih dominan ke dalam hidup manusia beserta kecanggihannya agar lebih mempermudah tugas yang ada.

Dasar Mempelajari Komputer Bagi Pemula

Saat ini kamu tidak harus direpotkan dengan mencari – cari kursus untuk belajar komputer pemula maupun cara menggunakan xampp untuk membuat website dalam komputer, sudah banyak tersedia platform untuk dapat belajar komputer secara gratis. Berikut ini adalah dasar mempelajari sebuah komputer :

1. Niat kuat untuk belajar komputer

Niat ingin belajar merupakan hal paling dasar yang harus dimiliki jika kita ingin belajar komputer. Bila tidak mempunyai niat kuat pastinya akan membuat proses belajar menjadi lebih terhambat, ketika niat yang dimiliki sudah kuat maka tidak akan mudah goyah dan mundur walaupun nantinya akan ada hambatan yang besar sekalipun.

Belajar komputer dan cara menggunakan visual studio code html sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hanya saja nantinya kamu hanya akan dituntut untuk bisa lebih sabar, supaya lebih cepat mahir dalam menggunakan komputer, kamu harus sering melakukan praktik sendiri.

2. Tentukan tujuan menggunakan komputer 

Hal yang paling penting dalam belajar komputer adalah menentukan tujuan dari penggunaan komputer. Pada saat tujuan dan niat paling dasar sudah terbentuk sehingga kamu bisa menentukan skala prioritasnya. Harus kamu pahami bahwa sebuah komputer merupakan salah satu peralatan yang cukup kompleks. Itulah yang membuat komputer mempunyai berbagai manfaat di dalamnya. Setiap komputer akan mempunyai sebuah tujuan berbeda-beda semua itu tergantung dari penggunaannya.

Adanya komputer kamu akan lebih mudah mencari berbagai informasi di internet, misalnya saja seperti mengerjakan tugas kantor, mencari tutorial android studio pemula, menonton film, melakukan editing, membuat dokumen, menyimpan berbagai file dan lain sebagainya.

Tahu tujuan utama dalam menggunakan komputer ini akan lebih mudah membuat cepat belajar, jauh lebih fokus terhadap pembelajaran yang tertentu yang berkaitan dengan tujuan kamu. Misalnya jika kamu mempelajari komputer dengan tujuan dapat membuat aplikasi sederhana android studio maka kamu akan fokus mempelajari tentang android studio dibanding dengan aplikasi yang lainnya. Software yang lain tidak terlalu banyak digunakan hanya cukup kamu kenali saja sepintas dan tidak mendalam layaknya android studio tersebut.

3. Menggunakan komputer pribadi

Saat belajar komputer kamu akan lebih nyaman jika memiliki komputer sendiri, sehingga kamu menjadi lebih bebas ketika berlatih menggunakan komputer kapan saja. Apalagi kamu sedang senang belajar tutorial membuat aplikasi android akan lebih nyaman, aman dan leluasa jika menggunakan komputer sendiri.

Selain dari segi kenyamanan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan komputer milik pribadi akan membuat kamu lebih bisa bebas untuk melakukan instal berbagai software yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan. Jumlah waktu kamu untuk berlatih menggunakan komputer lebih panjang karena dapat belajar kapan saja. 

4. Rajin lakukan latihan

Baik itu cara menggunakan aplikasi termux maupun belajar komputer pastinya proses latihan menjadi kunci paling utama untuk mengetahui berbagai seluk beluk yang ada di dalamnya. Rajin lakukan latihan sesering mungkin, semakin sering melakukan latihan akan cepat paham dan mengingat letak-letak aplikasinya dan instruksi yang diarahkan dalam menggunakan komputer tersebut.

Proses latihan menjadi peran penting dari suksesnya kamu dalam belajar komputer. Percuma saja jika kamu tahu sekali akan teorinya tetapi tidak di praktikkan maka akan sia-sia. Latihan sesering mungkin akan membuat kamu semakin mahir. 

5. Kenali berbagai komponen yang ada di komputer

Jika kamu sudah tahu dasar dari komputer maka dapat masuk ke dalam komponen yang dimiliki oleh komputer. Pada perangkat komputer utuh akan disusun dengan beragam komponen berbeda-beda. Cari tahu dulu apa nama komponen dan struktur komputer tersebut, manfaat, beserta fungsi yang dimilikinya.

6. Pelajari sistem operasi komputer

Jika kamu sudah mempelajari berbagai jenis komponen yang ada dalam komputer, selanjutnya kamu harus belajar yang terkait dengan sistem operasi. Sistem operasi ini menjadi sebuah program yang dapat menjalankan perangkat komputer tersebut.

Di Indonesia ada tiga jenis sistem operasi yang bisa untuk digunakan, yang paling banyak digunakan adalah windows yang terdiri dari :
  • Windows XP, Paling banyak digunakan pada tempat-tempat umum seperti warnet, sistem operasi satu ini banyak dipakai karena cukup ringan dan begitu mudah dalam penggunanya. Windows XP untuk saat ini sudah tidak digunakan lagi karena dari segi tampil kuno dan tidak dapat digunakan untuk bekerja berat. 
  • Windows 7, ini menjadi pengganti dari windows XP yang mempunyai fitur yang sudah kuno. Windows 7 bisa membuat kamu mendapat aplikasi yang lebih baik dan untuk tampilan antarmuka lebih terlihat cantik dan juga dinamis.
  • Windows 8, Pertama kali menggunakan windows 8 mungkin kamu akan di buat bingung dengan tidak bisa menemukan start menu. Mempunyai tampil elegan, profesional jika dibandingkan dengan windows 7
  • Windows 10, Setiap beberapa periode, setidaknya sistem operasi Windows ini akan selalu mengalami pembaruan. Pada windows 10 mempunyai tampilan tidak akan jauh berbeda dengan windows 8 tetapi dari segi performa windows 10 yang paling canggih dibandingkan dengan versi lain dari windows.
Dari setiap jenis windows ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Maka dari itu pada saat menggunakan komputer, pelajari lebih dahulu sistem operasinya. 

7. Kenali software yang ada pada komputer

Pada saat belajar komputer pemula jika kamu ingin bisa untuk menyelesaikan sebuah tugas maupun pekerjaan yang diberikan oleh user, komputer bukan hanya akan mengandalkan dari sistem operasi yang dimilikinya. Sistem operasi tersebut hanya akan dijadikan sebagai salah satu alat bantu dan juga wadah untuk dapat melancarkan berbagai jenis tugas. 

Namun kenyataannya agar lebih mudah dalam melaksanakan tugas dan mendapatkan hasil yang baik, pastinya kamu akan butuh memanfaatkan dari kinerja berbagai aplikasi yang ada dalam komputer. Banyak sekali aplikasi yang ada di komputer untuk lebih memudahkan kamu bekerja. Misalnya seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, browser dll.

Itulah beberapa cara dasar untuk belajar komputer pemula bagi para pemula dengan cepat. Belajar mendalami teknologi akan lebih mempermudah kamu ke depannya.

Posting Komentar untuk "Dasar - Dasar Belajar Komputer Bagi Para Pemula"