Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah! Tutorial Membuat Aplikasi Sederhana di Android Studio

aplikasi sederhana android studio

Pernahkah anda berpikir, bagaimana cara membuat aplikasi – aplikasi seperti Instagram, Facebook, dan yang lainnya? Aplikasi – aplikasi tersebut tentunya dibuat oleh tim yang jumlahnya tidaklah sedikit. Namun, untuk membuat aplikasi sederhana android Studio bagi yang baru belajar komputer pemula, anda bisa melakukan langkah – langkah berikut: 

1. Install JDK Terlebih Dahulu

Sebelum anda menginstall aplikasi Android Studio, anda harus menginstall JDK (Java Development Kit) terlebih dahulu. JDK berfungsi sebagai pengumpulan bahasa pemrograman dari Java ke dalam bahasa bytecode.  

2. Install Android Studio

Selanjutnya, barulah anda menginstall Android Studio. Android Studio adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membuat aplikasi Android menjadi lebih mudah. Android Studio ini mempunyai fitur yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi – aplikasi lainnya. 

3. Membuat Project Baru

Buatlah interface serta struktur project dengan cara pilih tab “Start a new Android Studio Project”. Pastikan anda sudah menyambungkannya dengan jaringan internet, ya. 

4. Memilih Tema Aplikasi

Setelah itu, akan muncul berbagai macam tema aplikasi yang bisa anda sesuaikan. Anda bisa memilih “Phone and Table” kemudian pilih “Empty Activity”. Dengan memilih menu tersebut, artinya aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi sederhana Android Studio untuk mobile.

5. Membuat Konfigurasi Aplikasi 

Selanjutnya pilih “Next” untuk melakukan konfigurasi pada project yang ingin dibuat. Setelah muncul kotak dialog, anda dapat mengubah beberapa ukuran, yaitu;
  • Name: yaitu nama project yang akan dibuat. Anda harus menentukan terlebih dahulu nama aplikasi yang ingin dibuat sejak awal.  
  • Package Name: Nama paket ini haruslah benar – benar diperhatikan dan jangan sampai salah. 
  • Save Location: yaitu lokasi dimana semua project yang telah dibuat disimpan.  
  • Language: yaitu pilihan bahasa yang akan anda gunakan dalam pembuatan aplikasi. Dalam pembuatan aplikasi Android, kini sudah tersedia 3 bahasa pemrograman, yaitu kotlin, C++ dan Java. Karena kotlin merupakan bahasa pemrograman yang tergolong baru, maka anda bisa memilih kotlin sebagai bahasa pemrogramannya.  
  • Minimum API Level: Minimum API Level ini bertujuan supaya aplikasi yang anda buat dapat digunakan sebanyak – banyaknya. Anda dapat menggunakan level 19 untuk Android versi 4.4 ataupun KITKAT. Dengan harapan supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik pada Android versi terbaru.
  • Centang “Use androidx. *artifacts” untuk menggunakan library pada AndroidX.  

6. Selesaikan Project 

Setelah terkonfigurasi seluruhnya, anda bisa memilih “Finish” yang artinya selesai dalam pembuatan project atau aplikasi pada Android Studio.  

Demikianlah tutorial membuat aplikasi sederhana Android Studio yang bisa dilakukan sendiri. Proses pembuatan project ini biasanya memiliki waktu yang berbeda – beda, tergantung pada setiap perangkat laptop atau komputer yang digunakan. Butuh waktu yang cukup lama untuk memahami isi Android Studio ini. Jadi, jangan mudah menyerah ya! Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "Mudah! Tutorial Membuat Aplikasi Sederhana di Android Studio"