Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Menambahkan Subtitle di Youtube Dengan Mudah

Youtube adalah salah satu platform yang biasa digunakan untuk membagikan berbagai konten video. Banyak sekali video di Youtube yang bisa Anda tonton bahkan asalnya dari mana saja, ada yang dari Indonesia maupun luar negeri. Terkadang dalam melihat dan mendengarkannya membuat kita tidak paham karena pengucapannya yang tidak jelas atau menggunakan bahasa lain. Jika Anda ingin membantu maka Anda bisa melakukannya dengan cara menambahkan subtitle di Youtube. Anda bisa menambahkan subtitle baik di video Anda sendiri maupun di video orang lain sehingga yang menonton video tersebut dapat memahami dengan baik. Berikut cara yang dilakukanya:

Cara Menambahkan Subtitle di Video Youtube Punya Sendiri

Pada saat membuat video terkadang yang melihat bukan hanya orang yang satu negara saja bukan? Oleh karena itu penting sekali Anda untuk membuat subtitle di Video Youtube agar jika ada pemirsa dari negara lain yang tidak mengerti bahasa Indonesia dapat mengetahui maksud pada video Anda. Untuk amannya memang berikan subtitle berbahasa inggris jika Anda menggunakan bahasa Indonesia di video Anda karena bahasa Inggris sifatnya universal sehingga hampir semua negara dapat mengetahui arti dari bahasa inggris yang Anda buat tersebut. Berikut cara menambahkannya:
  1. Pertama yang perlu diperhatikan adalah, gunakan cara ini menggunakan PC dan pastikan Anda sudah masuk di akun Anda.
  2. Selanjutnya, klik pada ikon profil Anda di bagian kanan atas layar dan masuk di menu Creator Studio.
  3. Setelah itu, Anda akan masuk ke dashboard di channel Youtube Anda, lalu klik Video Manager.
  4. Setelah itu, Anda akan disuguhi dengan tampilan seluruh video Anda, lalu pilih video yang akan Anda beri subtitle.
  5. Klik Edit lalu klik Subtitle/CC.
  6. Selanjutnya, pada jendela Add New Subtitles or CC pilih jenis bahasa yang Anda kehendaki.
  7. Anda bisa memilih antara Upload a file jika Anda sudah punya file subtitle atau create new subtitle or CC untuk menambahkan yang baru.
  8. Selanjutnya, jika Anda memilih untuk menambahkan baru tinggal masukkan kata-kata yang sesuai di video Anda dengan memanfaatkan tombol play dan pause.
  9. Setelah semua selesai langsung klik pada publish.
  10. Dan akhirnya subtitle telah ditambahkan.

Cara Menambahkan Subtitle di Video Youtube Punya Orang Lain

Pasti dalam menonton video di Youtube, Anda tidak akan hanya menonton video yang berbahasa Indonesia saja bukan? Tentu Anda juga sering melihat video dengan bahasa yang berbeda. Oleh karena itu sangat penting untuk menambahkan subtitle baik dalam bahasa aslinya maupun bahasa Indonesianya sehingga lebih mudah dipahami.

Sebenarnya tidak hanya berlaku pada video yang berbahasa asing saja, terkadang banyak video berbahasa Indonesia yang kurang jelas untuk didengarkan sehingga Anda tidak bisa memahaminya. Oleh karena itu, dengan memberikan subtitle maka Anda bisa memahaminya dengan lebih jelas sehingga informasinya tidak salah. Berikut cara menambahkan subtitle di Youtube video orang lain:
  1. Pertama, masuk dulu ke dashboard channel Youtube Anda lalu klik Your Contribution.
  2. Lalu akan ditampilkan beberapa video orang lain yang masuk dalam kontribusi komunitas, pilih salah satu dan klik Contribute
  3. Setelah itu, Anda bisa menambahkannya secara manual seperti yang telah dijelaskan di atas. Berikan subtitle yang sesuai agar pembaca mendapatkan informasi yang sesuai. 
  4. Jika sudah selesai maka selanjutnya klik pada Submit Contribution selanjutnya subtitle tersebut akan otomatis masuk ke video orang lain itu sendiri.

Penutup

Penggunaan subtitle tidak hanya dapat membantu kita memahami maksud dan tujuan dari video tetapi juga sangat berguna bagi mereka yang tuna rungu untuk bisa memahami video yang ditampilkan. Oleh karena itu jangan sampai menambahkan subtitle secara sembarangan.
Itu tadi beberapa cara menambahkan subtitle di Youtube yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu orang lain dalam memahami isi dari video Youtube baik dari video milik Anda sendiri maupun dari orang lain. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi semua yang membacanya.

Posting Komentar untuk "2 Cara Menambahkan Subtitle di Youtube Dengan Mudah"